Cara Kerja Mesin Pencuci Piring

dish washing machine

Cara Kerja Mesin Pencuci Piring

admin / July 8, 2018

Mesin Dishwasher atau dish washing machine merupakan mesin yang berguna untuk membersihkan peralatan – peralatan makanan yang kotor dengan cara menyemprotkan air panas dengan deterjen ke peralatan tersebut hingga bersih dan terbawa arus.

Tekanan air yang dikeluarkan oleh mesin ini sangat tinggi sehingga anda harus menutup mesin dishwasher ketika sedang digunakan. Lalu bagaimana cara kerja mesin Dishwasher yang biasa digunakan di restoran – restoran ini?, berikut ulasannya.

  1. Tahap 1

Pada saat peralatan dan alat dapur dimasukan kedalam dishwasher, tentu saja air yang dari sumber keran harus masuk kedalam mesin cuci dan setelah jumlah air cukup dan tertampung dibagian bawah mesin, maka heater akan memanaskan air dengan energi listrik.

  1. Tahap 2

Kemudian, air yang sudah panas akan dipompa ke dalam mesin yang dihubungkan pada propeller yang bisa berputar. Terdapat dua propeller, propeller pertama menggunakan bahan plastik yang disimpan di bawah rak piring dalam mesin cuci dan propeller kedua terbuat dari logam tahan panas yang disimpan di bawah rak mesin bawah.

  1. Tahap 3

Setelah air masuk ke dalam propeller, propeller akan berputar seperti sprinkler air, dan ketika perputaran terjadi, air akan menyembur keluar melalui lubang kecil di permukaan atas propeller sehingga semburan air panas akan keatas menuju peralatan yang disimpan dan akan dibersihkan.

  1. Pembersihan

Ketika proses pencucian dilakukan, air akan menghantam peralatan makan dan air akan turun ke bawah mesin hingga dipanaskan kembali dengan heater, proses pencucian tersebut dilakukan selama berulang – ulang hingga pencucian selesai.

Terdapat timer dalam mesin pencuci piring sehingga proses pencucian mampu dikendalikan dengan baik, kotoran – kotoran kecil akan keluar melalui lubang pembuangan dan kotoran berukuran besar akan tertampung pada pembuangan bagian bawah mesin.

Ada beberapa hal yang harus dilakukan agar mesin dishwasher ini bisa digunakan selama bertahun – tahun, bagian yang harus dirawat yaitu:

  1. Seal

Bagian seal atau pintu mesin dishwasher ini tentu saja harus dirawat dengan baik karena daerah ini akan dipenuhi busa kotor dan panas. Hal ini terjadi dikarenakan semprotan air tekanan tinggi yang ada pada dalam mesin.

Karena itulah, seal harus tetap dijaga dan harus tetap kuat jangan sampai terganjal oleh kotoran atau terlipat dan membuat seal rusak.

  1. Saluran Air

Pembersihan pada bagian saluran air dan pembuangan di bagian bawah harus sering diperhatikan. Lubang propeller harus dipastikan tak ada penyumbatan karena jika terjadi maka propeller tidak akan bekerja dengan lancar dan tentu saja mengurangi kualitas cuci dan merusak mesin.

Propeller pun harus selalu diperiksa, jangan sampai propeller tidak berputar. Kemungkinan propeller tidak berputar bisa saja disebabkan oleh kerusakan pompa listrik atau adanya kebocoran yang terjadi pada saluran yang bertekanan, sehingga tidak mampu memutarkan propeller dengan baik.

Itulah proses cara kerja mesin dishwasher dan hal yang perlu diperhatikan ketika menggunakan dishwasher, semoga bermanfaat, terima kasih.

Leave a Reply

© 2018 Sophie-forte. All Rights Reserved.