Aktivitas dalam Bisnis dan Pengembangan Skill Karyawan

pengembangan skill karyawan dengan learning management

Aktivitas dalam Bisnis dan Pengembangan Skill Karyawan

admin / July 12, 2018

Bisnis adalah suatu kegiatan mencari laba dengan menjual suatu produk baik barang maupun jasa. Bisnis haruslah mengacu pada laba atau keuntungan finansial. Berjalannya sebuah bisnis memang bisa dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan seseorang, namun unsur laba tetap menjadi hal yang tidak bisa dilepaskan. Jika tidak mengejar laba, kegiatan tersebut tidak lagi bisa disebut bisnis tapi kegiatan sosial.

Bisnis juga mengalami perkembangan dari setiap era. Namun pola dari sebuah bisnis sebenarnya sama dimana produsen yang menyediakan sebuah produk (barang atau jasa) akan memasarkan produknya pada konsumen. Dengan adanya konsumen yang membeli produk dari konsumen, produsen akan mendapatkan keuntungan atau laba.

Ada beberapa instrumen dari bisnis seperti produsen, konsumen, dan juga manajemen atau sistem perusahaan, itu meliputi sistem ERP, sistem akuntansi, hingga yang lebih mutakhir lagi sistem manajemen pembelajaran (learning management system) yang digunakan untuk merekam dan mengelola perkembangan skill sumber daya manusia..

Aktivitas-aktivitas Bisnis

Ada berbagai aktifitas dalam dunia bisnis. Secara umum ada tiga jenis aktifitas bisnis yaitu Produksi, Distribusi dan konsumsi.

1. Produksi

Aktifitas produksi mengacu pada penyediaan produk. Produk ini merupakan sesuatu yang dibutuhkan oleh konsumen. Produk adalah instrumen dasar dari sebuah bisnis. Ada tiga jenis produksi yaitu produksi primer, produksi sekunder, dan produksi tersier. Produksi primer adalah menarik langsung SDA sebagai produk misalnya kayu glondongan atau pasir. Produksi sekunder adalah produksi yang mengolah SDA menjadi suatu barang jadi sebagai produknya. Misalnya bisnis meubel. Sedangkan produksi tersier mengacu pada bisnis jasa. Jadi yang jadi produk untuk diperjualbelikan adalah jasa

2. Distribusi

Proses Distribusi adalah proses pemindahan produk baik barang maupun jasa dari produsen kepada konsumen. Dalam proses Distribusi inilah produk akan dimasukan ke pasar.

3. Konsumsi Konsumsi adalah banyaknya kebutuhan dari konsumen. Setiap konsumen membutuhkan suatu barang dan jasa tertentu dengan jumlah tertentu. Hal inilah yang coba dipenuhi oleh Produsen. Skala besar dalam bisnis akan mengacu pada sebuah industri seperti pabrik. Namun bisnis tidak hanya mengacu pada skala besar ini. Ada banyak lini bisnis skala kecil yang merebak. Di Indonesia lini bisnis kecil ini disebut UMKM atau Usaha Mikro Kecil Menengah seperti kedai kopi dll.

Pada akhirnya semua aktivitas bisnis sangat bergantung pada kualitas sumber daya manusia yang dimiliki suatu perusahaan. Kesejahteraan karyawan dapat meningkatkan rasa memiliki karyawan atas perusahaan tempatnya bekerja sehingga meningkatkan motivasi bekerja. Selain kesejahteraan karyawan, proses perkembangan seorang karyawan juga harus menjadi perhatian perusahaan. Karyawan yang berkembang skill-nya akan semakin termotivasi dan menjadi aset penting bagi perusahaan.

Keuntungan ini jadi dua arah, baik bagi karyawan dan bagi perusahaan.   Perkembangan karyawan tidak harus dipantau secara kira-kira subjektif saja, tapi memerlukan suatu sistem yang baik. Salah satunya adalah learning management system (LMS) yang bisa membantu perusahaan dari segi teknis dan manajemen perkembangan skill karyawan serta evaluasinya. Dalam jangka panjang, karyawan harus turut menjadi pilar perusahaan agar bisnis terus berkembang.

Leave a Reply

© 2018 Sophie-forte. All Rights Reserved.