Lampu penerangan jalan umum solar cell untuk kebutuhan masyarakat

Penerangan jalan raya merupakan kebutuhan masyarakat

Lampu penerangan jalan umum solar cell untuk kebutuhan masyarakat

admin / December 9, 2018

Seiring pertumbuhan penduduk di beberapa kota besar maka pemerintah daerah harus dapat membangun infrastruktur yang mumpuni untuk mendukung aktivitas masyarakat. Salah satunya adalah memberikan lampu penerangan jalan umum solar cell. Adanya penerangan jalan sangat penting untuk keselamatan lalu lintas, kenyamanan pengendara serta keamanan bagi para pengguna jalan.

Listrik yang digunakan untuk membiayai penerangan jalan umum akan ditagihkan oleh PLN kepada pemerintah daerah. Sumber energi untuk penerangan jalan sendiri tidak melulu berasal dari listrik PLN saja, beberapa daerah yang belum dijangkau oleh listrik biasanya menggunakan tenaga angin untuk memutar kincir yang dihubungkan dengan suatu generator, sehingga menghasilkan listrik untuk menghidupkan lampu jalan. Dapat pula menggunakan sel sinar surya yang dipasang pada bagian atas lampu, dimana sinar surya akan diubah menjadi energi listrik pada siang hari dan disimpan dalam aki atau baterai, kemudian pada malam hari, listrik yang disimpan dalam aki tersebut digunakan untuk menerangi jalan.

Jenis lampu penerangan jalan umum berbeda-beda, baik itu dari bentuk tiang sampai jenis lampu jalan solar cell yang digunakan pula. Kita bahas yang pertama dari bentuk tiang yang digunakan, biasanya pemilihannya disesuaikan dengan kondisi dimana lampu tersebut ditempatkan. Misalkan digunakan untuk penerangan trotoar, persimpangan jalan, separator jalan, dan lain sebagainya. Untuk penerangan trotoar biasanya digunakan lampu dengan ukuran yang tidak terlalu tinggi agar cahaya yang diperoleh lebih terang. Lalu untuk lampu persimpangan jalan baik itu belok kanan atau kiri, pertigaan sampai perempatan, maka tiang yang digunakan akan bercabang pada bagian lampu, sehingga cahaya lampu cukup menerangi setiap belokan yang ada. Sedangkan untuk lampu separator jalan, dapat dipilih yang bercabang dua ke sebelah kiri dan kanan atau atas dan bawah. Hal ini dimaksudkan agar pengendara jalan awas akan persimpangan yang ada di depan.

Yang kedua untuk jenis lampu yang digunakan, ada banyak variabel yang membedakan, salah satunya dari warna cahaya yang dipancarkan lampu. Lampu dengan temperatur warna yang rendah atau biasa digunakan untuk menambah suasana hangat/ warm karena memiliki lebih banyak cahaya merah, sedangkan lampu dengan temperatur warna tinggi memberikan kesan dingin/ cool karena mengandung lebih banyak cahaya biru di dalamnya.

Penggunaannya sebagai lampu penerangan jalan umum solar cell juga berbeda, untuk penerangan di jalan tol biasanya dipilih lampu dengan temperatur warna tinggi sehingga menghasilkan warna putih terang, sedangkan untuk lampu penerangan jalan umum untuk sekitar lokasi wisata seperti kota lama misalnya, maka akan dipilih warna lampu yang lebih rendah agar memberikan warna yang lebih hangat untuk mendukung suasana berkumpul warga masyarakat.

Sehingga pemilihan jenis lampu yang digunakan perlu disesuaikan dengan tujuan, tempat dan fungsi dari instalasi lampu itu sendiri. Jangan sampai pemilihannya tidak tepat sasaran seperti terlalu terang sehingga menjadi boros energi atau terlalu redup sehingga tidak dapat menerangi jalan dengan baik.

Leave a Reply

© 2018 Sophie-forte. All Rights Reserved.