Menyelamatkan Diri Dari Tsunami Ketika Berlibur

Tsunami

Menyelamatkan Diri Dari Tsunami Ketika Berlibur

admin / January 8, 2019

Seperti yang sudah banyak dibahas berita nasional sekarang ini. Tsunami yang menyapu daerah Anyer dan Lampung 22 Desember 2018 kemarin, menghapus sebagian dari area yang ada di sekitar pantai. Beberapa bangunan juga terkena tsunami dan beberapa diantaranya mengalami kerusakan yang cukup berat.

Kita memang tidak dapat memprediksi kapan bencana alam akan muncul, bahkan saat kita sedang berlibur sekalipun bisa terjadi bencana di tempat anda berlibur. Mengingat setiap orang tentu suka berlibur ke pantai dan laut untuk melepas penat. Untuk anda yang ingin liburan di pantai, anda  bisa melakukan hal berikut untuk mengantisipasinya:

  • Tahu Akan Gejala Terjadinya Tsunami

Tentu saja setiap bencana alam yang terjadi akan memberikan kepada anda gejala – gejala tertentu yang tidak seperti biasanya. Seperti tsunami, jika anda mengetahui bahwa air laut surut secara tiba – tiba, maka tentu saja besar kemungkinan tempat tersebut akan terjadi tsunami.

Jika anda paham, maka ada tiga hal yang paling penting yang memungkinkan terjadinya tsunami. Yang pertama ialah adanya gempa yang kecil, air laut mengalami surut tiba – tiba, dan yang terakhir ialah suara dentuman yang keras. Jika anda menyaksikan satu dari ketiga tanda tersebut akan sebaiknya anda lari ke tempat yang tinggi. [ada umumnya setelah gempa selama 20 hingga 30 menit kemudian baru terjadi tsunami.

  • Lari ke Dataran Tinggi

Selanjutnya anda bisa lari ke tempat yang lebih tinggi. Tsunami akan datang dengan tiba – tiba, terutama jika sesaat setelah terjadi gempa bumi dan tanda – tanda lainnya. Semakin cepat anda menyelamatkan diri, maka akan semakin baik juga. Atau jika tidak mempunyai banyak waktu anda bisa mencari kayu atau sejenisnya yang bisa mengambang di air. Tentu saja hal ini dapat sangat membantu anda ketika gelombang besar datang.

  • Mengetahui Topografi Tempat Wisata Dengan Baik

Akan lebih baik jika anda mengetahui bagaimana topografi dari tempat wisata yang akan anda datangi. Bukan hanya tempat – tempat wisata menarik dan tempat kuliner saja yang harus anda cari. Anda juga harus bisa mencari tahu bagaimana topografi dari daerah tersebut. Hal ini sangat membantu anda untuk mencari jalur evakuasi yang tepat.

  • Memantau Informasi

Jika anda sudah berhasil untuk evakuasi dari daerah itu, maka selanjutnya anda bisa mencari informasi terbaru dari pihak – pihak yang berwenang. Dengan demikian maka anda bisa tahu bagaimana kondisi selanjutnya.

Tentu saja hampir setiap orang akan mengalami rasa panik ketika berada dalam situasi yang darurat. Namun anda harus tetap tenang untuk bisa menyelamatkan diri dan menyelamatkan orang – orang di sekitar. Mencari tahu tentang berita nasional terbaru memang penting untuk dilakukan.

Leave a Reply

© 2018 Sophie-forte. All Rights Reserved.