Spesifikasi, Keunggulan, dan Ukuran Baja Ringan

Gambaran konstruksi

Spesifikasi, Keunggulan, dan Ukuran Baja Ringan

admin / January 20, 2019

Perkembangan teknologi saat ini sudah merambah banyak bidang dan subjek. Perkembangan ini juga terjadi pada hal-hal yang bersifat kebutuhan pribadi seperti bangunan dan komponen-komponen penyusun bangunan tersebut. Misalnya saja pada jenis dan ukuran baja ringan. Jika dulu orang-orang lebih familiar dengan penggunaan kerangka atap yang berbahan dasar kayu, kini sudah tergantikan oleh bahan baja ringan yang lebih kokoh dan awet.

Penggunaan Baja Ringan

Umumnya masyarakat sudah terbiasa dengan penggunaan konstruksi atap berbahan dasar kayu, akan tetapi kini sudah mulai digantikan oleh baja ringan. Selain memiliki konstruksi yang lebih kuat juga memiliki Ukuran Baja Ringan yang bervariasi sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda. Penggunaan baja ringan ini dianggap lebih praktis dan efisien karena bahannya yang lebi kuat dan fleksibel sehingga mudah digunakan dan kekuatannya dapat terjamin untuk memperkuat konstruksi bangunan-bangunan Anda.

Keunggulan Penggunaan Baja Ringan

Baja ringan selain banyak digunakan pada bangunan pribadi seperti rumah, dapat juga digunakan pada bangunan yang bersifat umum. Misalnya saja seperti di gedung-gedung yang membutuhkan konstruksi bangunan yang lebih kuat untuk menunjang keberlangsungan bangunan tersebut. Baja ringan memiliki beberapa kelebihan jika dibandingkan dengan bahan konstruksi seperti kayu, misalnya seperti bobot dari baja ringan ini lebih ringan jika dibandingkan dengan bahan-bahan penyusun sejenis seperti kayu dan yang lainnya. Selain itu juga baja ringan dapat tahan dari rayap, pemasangan yang lebih mudah dan cepat, dan tahan terhadap cuaca ekstrem.

Baja ringan disusun sedemikian rupa dari bahan penyusunnya agar tahan terhadap gempa dan guncangan serta tekanan kuat lainnya. Hal ini akan memberikan Anda kenyamanan dan keamanan pada saat menggunakannya. Pemasangan pada baja ringan ini juga relatif lebih cepat dan mudah daripada yang lainnya. Akan tetapi, walaupun pemasangannya mudah, jika Anda merasa tidak ingin repot memasang sendiri, Anda bisa membeli dan menggunakan jasa dari toko yang menjual baja ringan ini.

Spesifikasi dan Ukuran Baja Ringan

Ukuran Baja Ringan saat ini sudah bervariasi dan dapat juga disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Anda bisa melakukan penyesuaiannya ini dengan memintanya secara langsung kepada toko yang menyediakan baja ringan untuk konstruksi bangunan Anda.

Adapun beberapa ukuran baja ringan yang umumnya digunakan pada bangunan adalah sebagai berikut :

  1. Baja Ringan Jenis Truss

Baja ringan ini memiliki ukuran panjang 75 cm dengan ketebalan 0,60 mm. Ketebalan ini bisa bervariasi mulai dari 0,60 mm hingga 1 mm. Baja ringan Truss ini biasanya digunakan sebagai kerangka untuk bagian atap atau kuda-kuda utama pada konstruksi bangunan.

  1. Baja Ringan Jenis Reng

Ketebalan yang dimiliki baja ringan reng ini bervariasi, namun biasanya memiliki ketebalan 0,45 mm. Ketinggian pada baja ringan reng ini dapat dimulai dari 28 mm sampai dengan 40 mm. Semakin tinggi baja ringan reng yang digunakan, maka akan semakin kuat konstruksinya.

  1. Baja Ringan Jenis Taso

Baja ringan ini memiliki ketebalan 0,75 mm hingga 1 mm. Tingginya mulai dari 7,5 cm dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Lebar kaki 3,5 cm dengan panjang 6 m.

Leave a Reply

© 2018 Sophie-forte. All Rights Reserved.